Peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad S.A.W

10:39 AM

Peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad S.A.W adalah peristiwa penting bagi umat Islam di seluruh dunia, dimana pada peristiwa ini baginda Nabi Muhammad S.A.W mendapatkan perintah untuk menunaikan sholat fardu  5 waktu. Isra Mi’raj ini terjadi pada tanggal 27 Rajab tahun 621 masehi dan pada waktu itu umur Baginda Nabi Muhammad S.A.W adalah 51 tahun.

Apa itu Isra?

Isra adalah Perjalanan Baginda Rasulullah dari Masjidil Haram ke Masjidil Al-Aqsa, dengan jarak antara kedua mesjid itu adalah 1239 Km. Waktu itu Rasulullah menaiki Buraq ditemani malaikat Jibril A.S dan malaikat Israfil A.S.

Apa itu Buraq?

Buraq adalah hewan seperti kuda tetapi lebih kecil, lebih besar dari keledai, memili sayap, berwarna putih atau ada juga yang bilang putih mengkilat, ukurannya panjang, dan sekali kakinya melangkah jarak yang ditempuh bisa sejauh mata memandang.
Perjalanan Menuju ke Sidrotul Muntaha

Apa itu Mi’raj?

Mi’raj adalah perjalanan Baginda Rasulullah S.A.W dari Masjidil Al-Aqsa ke Sidratul Muntaha, kemudian di perjalanan Baginda bertemu Nabi-nabi pada setiap langit sampai langit ketujuh. yaitu dengan:
  1. Nabi Adam A.S di langit pertama
  2. Nabi Isa A.S dan Nabi Yahya AS di lagit kedua
  3. Nabi Yusuf A.S di lagit ketiga
  4. Nabi Idris A.S di lagit keempat
  5. Nabi Harun A.S di langit kelima
  6. Nabi Muda A.S di lagit keenam
  7. Nabi Ibrahin A.S di langit ketujuh
Kemudian Rasulullah S.A.W naik ke Sidratul Muntaha untuk bertemu dengan Allah SWT, di sana Allah S.W.T memerintah umat Nabi Muhammad S.A.W untuk melaksanakan Sholat fardu sebanyak 50 waktu setiap hari. Baginda Rasulullah S.A.W kaget dengan perintah itu, tentunya dengan banyak pertimbangan, yang paling utama adalah kererna Baginda sangat sayang kepada umantnya, beliau memintan keringanan yang banyak kepada Allah S.W.T, sampai akhirnya Allah S.W.T menerima permintaan Baginda Nabi kemudian sholat fardu hanya menjadi 5 waktu saja, yaitu:
  1. Subuh
  2. Zuhur
  3. Ashar
  4. Magrib
  5. Isya
Nah teman-teman, demikian Peristiwa Isra Mi’raj Secara Singkat yang aku tulis untuk kalian, jangan lupa like, share, dan komen di bawah.

Source: penuliscilik

Artikel Terkait

Previous
Next Post »