Lima Alasan Menarik Ketika Anda Makan Lebih Lambat

8:35 PM

Kebanyakan orang ketika sedang makan ingin cepat selesai, dan ingin melanjutkan aktifitas yang lain. Alih-alih menikmati apa yang disajikan di depan kita, akhirnya kita melahapnya tanpa berpikir, bahkan memberi kesempatan kepada selera kita untuk mengirimkan informasi tentang apa yang baru saja kita rasakan, ke otak kita.

Padahal, banyak sekali manfaat makan dengan cara yang lambat. Melansir ServingJoy, Minggu (7/5/2017), berikut manfaat dari makan lambat:

Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Sejumlah penelitian di seluruh dunia memastikan bahwa makan lebih lambat cukup untuk membantu mengurangi 20 pon berat badan Anda dalam setahun, dan bahkan tanpa harus mengubah diet Anda. Dibutuhkan waktu dua puluh menit bagi otak manusia untuk memberi tahu Anda bahwa Anda sudah kenyang. Jika Anda makan cepat, Anda akan cenderung makan lebih banyak, sampai-sampai Anda sudah kenyang. Jika Anda makan sedikit lebih lambat, Anda akan memberi otak Anda cukup waktu untuk memproses informasi bahwa Anda sudah kenyang dan tidak perlu makan lebih banyak. Makan makanan sehat itu penting, tentu saja, tapi cukup makan lebih lambat sudah cukup membuat dampak besar pada berat badan Anda.

Pencernaan yang Lebih Baik

Saya ingat guru saya di SMA memberitahu kelas kami bahwa saat makan, seseorang harus mengunyah makanannya sebanyak dua puluh kali. Ini penting, karena jika Anda cenderung makan cepat, Anda akan berakhir tidak mengunyah makanan lebih baik, yang menyebabkan gangguan pencernaan. Hal lain yang telah saya pelajari dari sekolah dasar adalah bahwa pencernaan dimulai di mulut. Sebenarnya, sebagian besar pekerjaan dimulai di sana dan bagian perutnya harus lebih rendah. Semakin rendah perut harus bekerja dalam mencerna makanan, semakin kecil kemungkinan Anda mengalami gangguan pencernaan.

Mengurangi Stres


Anda kehilangan fokus saat Anda stres, dan dengan cara yang sama, Anda menjadi stres saat Anda tidak fokus. Ketika Anda selalu makan terburu-buru, yang memungkinkan pikiran Anda mengembara pada apa yang perlu Anda lakukan selanjutnya, Anda pasti akan stres. Makan lebih lambat memungkinkan Anda memusatkan perhatian dan mengingat apa yang sedang terjadi. Latihan ini menyebabkan hidup kurang stres dan lebih bahagia.

Dapat Menikmati Rasa Makanan

Ini mungkin tampak jelas, tapi makan lebih lambat memungkinkan Anda menikmati rasa makanan Anda dengan lebih baik. Ketika Anda sedang makan terburu-buru, Anda tidak akan benar-benar menikmati apa yang Anda makan bahkan jika Anda makan makanan terbaik yang disajikan di restoran terbaik di hotel terbaik di kota. Di sisi lain, bahkan jika Anda hanya makan makanan biasa, Anda akan bisa menikmatinya lebih banyak jika Anda meluangkan waktu untuk mencicipinya.

Dapat Menikmati Hidup


Mungkin alasan paling kuat mengapa Anda harus makan lebih lambat adalah membiarkan Anda menikmati hidup dan bahagia. Makan perlahan dan perhatikan apa yang sedang Anda makan. Kunyah makanan Anda sedikit lebih lama dan biarkan rasa dan rasa berlama-lama di mulut Anda untuk beberapa saat sebelum tertelan. Tutup matamu dan coba tebak masing-masing bahan makananmu.

Makanan itu dimaksudkan untuk dinikmati. Jangan terburu-buru melewati hari Anda melakukan satu tugas demi satu dan sama sekali mengabaikan fakta ini. Melakukan hal itu akan membuat Anda stres, tidak sehat, dan tidak bahagia. Miliki hati dan pikiran yang berubah hari ini tentang bagaimana Anda melihat makanan dan makan. Sebisa mungkin hindari makanan siap saji dan siapkan makanan sendiri di rumah. Yang terpenting, makan lebih lambat dan nikmati setiap gigitan, nikmati saat ini dan kenyataan bahwa Anda memiliki makanan enak disajikan di depan Anda. Hasilnya akan bebas stres, lebih sehat, dan lebih bahagia.

Itulah 5 alasan mengapa Anda harus makan lebih lambat, semoga bermanfaat, jangan lupa like, komen dan bagikan jika itu bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »